Tautan-tautan Akses

Melawat ke Roma, Putin Bertemu Paus dan Pemimpin Italia


Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) sebelum pembicaraan dengan Paus Fransiskus di Vatikan, Kamis (4/7).

Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan Paus Fransiskus untuk melakukan ‘’pembicaraan substantif’’ di Vatikan hari Kamis (4/7), dan berterima kasih kepada Paus karena membahas beragam topik, termasuk Ukraina dan Gereja Katolik di Rusia.

Paus Fransiskus menerima Putin dalam audiensi selama satu jam di Vatican Apostolic Palace. Keduanya membahas "beragam pertanyaan relevan tentang kehidupan Gereja Katolik di Rusia," demikian petikan pernyataan Vatikan.

Ditambahkan, keduanya juga membahas “pertanyaan ekologis dan berbagai tema yang berkaitan dengan isu-isu internasional saat ini, terutama Suriah, Ukraina dan Venezuela.”

Pertemuan ini merupakan bagian dari lawatan satu hari Putin ke Roma, yang berlangsung sebelum para pemimpin Katolik dari Ukraina berkumpul di Vatikan untuk membahas konflik-konflik yang berlanjut dan dampak perpecahan Gereja Katholik Rusia dan Ukraina.

Putin kemudian juga bertemu dengan Presiden Italia Sergio Mattarella dan Perdana Menteri Giusepe Fonte. Pertemuan bilateral ini diikuti dengan forum Rusia-Italia. Putin juga mengadakan pertemuan pribadi dengan sahabatnya sejak lama, mantan perdana menteri Silvio Berlusconi, sebelum kembali ke Moskow. (em/al)

Recommended

XS
SM
MD
LG