Tautan-tautan Akses

Putin Bertemu Paus, Dibayangi oleh Krisis Ukraina


Paus Fransiskus berjabat tangan dengan Persiden Rusia Vladimir Putin saat audiensi tertutup pada 10 Juni 2015, di Vatikan.

Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengadakan pembicaraan dengan Paus Fransiskus pada Kamis (4/7). Pertemuan itu berlangsung sehari sebelum para pemimpin gereja Katolik Ukraina bertemu di Vatikan untuk membicarakan krisis di negara mereka.

Selain itu juga di tengah spekulasi bahwa kunjungan itu bisa menjadi awal kunjungan pertama seorang Paus ke Rusia.

Putin, yang telah dua kali bertemu Paus Fransiskus sebelumnya, dijadwalkan tiba di Vatikan sore hari pada awal kunjungan singkatnya ke Italia, yang juga termasuk pembicaraan dengan para pemimpin Italia.

Ukraina, yang tetap menjadi masalah sulit dalam hubungan antara Vatikan dan Rusia, diperkirakan akan menjadi topik utama diskusi di perpustakaan resmi kepausan di Istana Apostolik Vatikan.

Pada pertemuan keduanya 2015, Paus mendesak Putin untuk melakukan "upaya besar dan tulus" guna mencapai perdamaian di Ukraina dan membantu mengakhiri pertempuran antara pasukan pemerintah Ukraina dan pemberontak separatis pro-Rusia di Ukraina timur.

Para pemimpin Gereja Katolik Ukraina dan pejabat Vatikan pada Jumat (5/7) akan memulai dua hari pertemuan untuk membahas berbagai masalah di negara bekas republik Soviet itu. [ps/pp]

XS
SM
MD
LG