Tautan-tautan Akses

Meksiko, Kanada Adakan Pembicaraan soal NAFTA


Sektor manufaktur Meksiko selama ini memperoleh manfaat dari NAFTA (foto: ilustrasi).

Presiden Meksiko Enrique Peña Nieto dan PM Kanada Justin Trudeau membahas Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) dalam pembicaraan Minggu (22/1).

Meksiko mengatakan Presiden Enrique Peña Nieto telah berbicara dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau tentang Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) menjelang pertemuan yang direncanakan dengan Presiden AS Donald Trump.

Trump telah berjanji untuk menegosiasikan kembali kesepakatan perdagangan tiga negara itu dan memberlakukan tarif untuk barang-barang impor.

Kantor Peña Nieto mengatakan bahwa dalam percakapan hari Minggu (22/1), Trudeau dan presiden Meksiko “berbicara tentang pentingnya Amerika Serikat bagi kedua negara, dan setuju bergabung untuk terus menggalakkan integrasi ekonomi Amerika Utara.”

Trump hari Senin (23/1) mengumumkan bahwa dia telah menjadwalkan pertemuan dengan Trudeau dan Peña Nieto, dan mengatakan “Kami akan memulai negosiasi yang berkaitan dengan NAFTA.“

Sektor manufaktur Meksiko selama ini memperoleh manfaat dari NAFTA, tetapi Trump mengklaim bahwa kesepakatan itu telah mengurangi lapangan pekerjaan di Amerika. [lt]

XS
SM
MD
LG