Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Trump Temui Ketua DPR AS, Tandatangani Perintah Eksekutif


Presiden Donald Trump bergabung dengan pimpinan Kongres dan keluarganya, saat ia secara resmi menandatangani nominasi kabinetnya menjadi undang-undang, di Ruang Presiden Senat AS, di Gedung Capitol, Washington, 20 Januari 2017. (AP Photo/J. Scott Applewhite, Pool)

Dalam kampanyenya, Trump berjanji untuk membatalkan perintah eksekutif yang ditandatangani oleh mantan presiden Barack Obama, dan setelah terpilih ia menyampaikan rencana pada hari-hari awal pemerintahannya.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan bertemu dengan Ketua DPR Paul Ryan dan menandatangani sejumlah perintah eksekutif, Senin (23/1) sementara pemerintahannya memulai minggu kerja pertamanya. Gedung Putih tidak merinci isu apa saja yang akan menjadi subyek perintah eksekutif itu.

Dalam kampanyenya, Trump berjanji untuk membatalkan perintah eksekutif yang ditandatangani oleh mantan presiden Barack Obama, dan setelah terpilih ia menyampaikan rencana pada hari-hari awal pemerintahannya yang termasuk pemberitahuan AS berencana menarik diri dari kesepakatan perdagangan 12 negara, Kemitraan Trans-Pacifik (TPP) dan menegosiasikan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) Meksiko dan Kanada.

“Saya kira Anda akan akan melihat itu semua dalam waktu dekat,” ujar juru bicara Gedung Putih Sean Spicer pekan lalu.

Rencana Trump juga termasuk perintah eksekutif terkait imigrasi dan keamanan nasional. Dia telah menandatangani sebuah perintah eksekutif yang menyatakan niatnya untuk segera mencabut program asuransi kesehatan andalan Obama.

Gedung Putih mengatakan Trump akan membahas reformasi imigrasi dan NAFTA dengan Presiden Meksiko Enrique Peña Nieto pada tanggal 31 Januari. Dia juga berencana segera bertemu dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. [gp]

XS
SM
MD
LG