Tautan-tautan Akses

AS

Trump Bertemu Presiden Meksiko Pekan Depan


Presiden Meksiko Enrique Peña Nieto dan kandidat presiden AS saat itu, Donald Trump, bertemu di kediaman Nieto di Mexico City, Agustus 2016. (AP/Marco Ugarte)

Sebelumnya Trump mendesak agar Meksiko membayar pembangunan tembok sepanjang perbatasan dengan AS guna membantu mengekang imigrasi ilegal.

Gedung Putih mengatakan Presiden AS Donald Trump akan bertemu Presiden Meksiko Enrique Peña Nieto minggu depan untuk membicarakan imigrasi dan merundingkan kembali Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA). Pertemuan dijadwalkan 31 Januari.

Trump juga berencana segera bertemu Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Semasa kampanye, Trump menyatakan akan merundingkan ulang NAFTA. Ia mendesak agar Meksiko membayar pembangunan tembok sepanjang perbatasan dengan Amerika guna membantu mengekang imigrasi ilegal, telah menjadi salah satu merk dagang Trump.

Nieto Pena menolak gagasan itu dan menilainya "konyol."

Sebelumnya, Trump mengejek lebih dari 1 juta orang yang ikut protes Women’s March on Washington hari Sabtu di kota-kota di seluruh Amerika, memrotes pemerintahan barunya. Tetapi dua jam kemudian, juga melalui Twitter, ia menulis, "protes damai adalah ciri khas demokrasi kita. Walaupun tidak selalu setuju, saya mengakui hak orang untuk menyampaikan pendapat." [ka]

XS
SM
MD
LG