Tautan-tautan Akses

Meksiko Akan Perketat Keamanan di 68 Perlintasan Perbatasan


Para migran Guatemala berusaha masuk ke wilayah Meksiko untuk menuju ke AS, tampak berbicara dengan pasukan keamanan Meksiko di kota perbatasan Tapachula, Meksiko selatan (foto: dok).

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan bahwa para petugas akan memperketat keamanan di 68 perlintasan perbatasan yang sekarang ini longgar pengawasannya.

Ia mengemukakan demikian dalam jumpa pers hari Jumat (14/6) pagi, meskipun tidak ada peningkatan nyata dalam jumlah tentara dan personel di kota perbatasan Tapachula di dekat Guatemala.

Menteri Luar Negeri Marcelo Ebrard mengatakan Garda Nasional akan dikerahkan pada hari Selasa bersama dengan 825 petugas imigrasi dan 200 petugas dari departemen kesejahteraan negara itu.

Rencana tersebut adalah bagian dari kesepakatan Meksiko baru-baru ini dengan Amerika Serikat untuk membatasi arus migran dari arah perbatasan selatannya.

Ebrard juga meminta PBB dan masyarakat internasional untuk membantu Meksiko dalam pengawasan imigrasi dan perang melawan perdagangan manusia. [uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG