Tautan-tautan Akses

Pernyataan Trump Tentang Kesepakatan dengan Meksiko Picu Kebingungan


Kata “Tijuana, Meksiko” berada di bagian sisi perbatasan Meksiko dengan AS di mana para migran menunggu untuk dilayani permohonan suaka di AS, di Tijuana, Meksiko, 9 Juni 2019.

Presiden Amerika Donald Trump, Senin sore (11/6), dicecar pertanyaan tentang kesepakatannya baru-baru ini dengan Meksiko untuk mengendalikan imigrasi. Namun Trump tak banyak memberi kejelasan tentang apa yang dikatakannya sebagai bagian dari perjanjian yang tidak diungkap ketika ia berbicara dengan wartawan.

Ditanya VOA mengapa Meksiko menyangkal kesepakatan itu, Trump menjawab: "Menurut saya mereka tidak akan menyangkal terlalu lama. Semuanya sudah beres."

Ada kebingungan dan kekhawatiran di kedua sisi perbatasan setelah Trump pada Senin pagi mengklaim Amerika menandatangani apa yang disebutnya "bagian lain yang sangat penting dari kesepakatan Imigrasi dan Keamanan dengan Meksiko."

Para pejabat Meksiko pada Senin membantah ada kesepakatan sampingan tentang pengendalian migran.

Kemungkinan itu terkait rencana perjanjian suaka di seluruh kawasan jika langkah-langkah penegakan yang disepakati pekan lalu antara Amerika dan Meksiko tidak menghentikan lonjakan migran dari Amerika Tengah ke Amerika.[ka]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG