Tautan-tautan Akses

Meghan Trainor Ungkap Rahasia Sukses Album Natal Terbarunya


Meghan Trainor saat menghadiri pemutaran perdana film "Star Wars: The Rise of Skywalker" di London, Inggris, 18 Desember 2019. (REUTERS/Henry Nicholls)

Album lagu-lagu Natal terbaru Meghan Trainor dirilis bulan Oktober lalu dan mendapat sambutan yang baik di pasar. Apa rahasia kesuksesan albumnya itu?

"A Very Trainor Christmas", album baru Meghan Trainor yang berisikan lagu-lagu Natal, sudah tiga pekan berturut-turut masuk daftar Top Holiday Albums Billboard pada November ini. Peringkat tertinggi yang diraihnya adalah posisi ke-7.

Ia mengaitkan keberhasilannya itu dengan mengenali para penggemarnya dan menciptakan musik yang memang ia ingin dengar.

Peraih Grammy ini mengatakan ia sangat menyukai lagu-lagu Natal, tetapi tidak ingin “bermain-main dengan lagu-lagu klasik Natal.” Karena itu, selain menyajikan lagu-lagu yang sudah biasa diputar pada musim ini, ia juga merekam sejumlah lagu karyanya sendiri untuk menyeimbangkan jenis musik yang disajikannya. Ia berkolaborasi dengan orang-orang yang benar-benar ia kagumi, termasuk kreator serial televisi Family Guy, Seth MacFarlane.

Trainor mengatakan ia pernah menyanyikan lagu Natal bersama MacFarlane dalam suatu acara di Los Angeles, bertahun silam. Ia merasa sangat tersanjung dapat tampil bersama dengan MacFarlane dan orkestranya.

“Saya mencuit beberapa tahun lalu dan menulis seperti ini, ’Tujuan hidup saya adalah menyanyi bersama orchestra Family Guy,” kenangnya. Meghan berharap dengan mengingatkan hal itu, mereka berdua dapat berkolaborasi kembali. Begitu MacFarlane menyatakan kesediaannya, Trainor mengatakan, “Wah, ini pasti sempurna. Pasti luar biasa. Dan ia seperti melakukannya untuk saya. Saya berutang segalanya padanya.”

Pada lagu lainnya, "Holidays", ia berkolaborasi dengan Earth, Wind, and Fire yang diaku Meghan sebagai kelompok yang dipujanya, yang mengajarkannya tentang makna musik.

Meghan bernaung di bawah manajemen yang sama dengan kelompok tersebut sehingga ia dapat langsung saja melontarkan gagasan tersebut. Meski demikian, tetap saja ia terkejut ketika band pujaannya itu setuju berkolaborasi dengannya. Ketika itulah ia bertekad untuk menulis lagu yang bakal mereka ingin nyanyikan dan banggakan karena menjadi bagian dari lagu tersebut.

Meghan menambahkan bahwa ia juga telah belajar untuk mempercayai nalurinya sewaktu menggubah lagu-lagu hit. Kata-kata ‘Kenali penontonmu” seperti terus terngiang di benaknya. Menurutnya, penonton dan juga penggemarnya cenderung menyetujui pilihan-pilihannya.

Lagu hitsnya, "All About That Bass" misalnya, adalah jawaban atas pertanyaan apa yang ia harapkan ada di radio. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG