Tautan-tautan Akses

McCain Kecam Lagi Strategi Pemerintahan Trump di Afghanistan


Senator John McCain saat rapat dengar pendapat Komite Intelijen Senat di Capitol Hill, Washington, 8 Juni 2017. (Foto:dok)
Senator John McCain saat rapat dengar pendapat Komite Intelijen Senat di Capitol Hill, Washington, 8 Juni 2017. (Foto:dok)

Senator John McCain kembali ke Arizona Senin (31/7) untuk memulai perawatan atas penyakit kanker otaknya tetapi ini tidak menghentikannya mengecam pemerintahan Trump “ karena tidak memiliki strategi untuk sukses di Afghanistan “ lebih dari 6 bulan setelah pelantikannya sebagai Presiden.

McCain, ketua Komisi Angkatan Bersenjata Senat, mengatakan dalam pernyataan yang dikeluarkan Senin, “ Ketika Senat membahas Rancangan Otorisasi Pertahanan Nasional tanggal 1 September nanti, saya akan mengajukan amandemen berdasarkan nasehat beberapa pemimpin militer terbaik kita untuk menciptakan strategi bagi keberhasilan untuk mengamankan kepentingan nasional Amerika di Afghanistan.”

McCain menambahkan, “`Strategi jangan kalah' yang berlangsung selama delapan tahun telah mengorbankan banyak nyawa dan harta di Afghanistan.” Dikatakannya, "tentara kita berhak memperoleh yang lebih baik.”

Menteri Pertahanan Amerika James Mattis telah berjanji akan menyampaikan suatu strategi kepada Kongres menjelang pertengahan Juli.

Tetapi belum ada strategi yang muncul dan pemerintah masih memperdebatkan rencana untuk mengirim sampai lima ribu tentara lagi ke Afghanistan, di mana Amerika telah berjuang melawan Taliban sejak tahun 2001.(sp/ii)

XS
SM
MD
LG