Tautan-tautan Akses

Matteo Salvini Incar Jabatan Pemimpin Italia


Politisi populis Italia, Matteo Salvini

Senator Italia tidak sering menghentikan liburan musim panas mereka, tetapi akibat politisi populis Matteo Salvini, yang kini menjabat Deputi PM dan pemimpin partai Lega, mereka harus kembali ke Roma hari Selasa (13/8) guna membahas kapan akan melakukan pemungutan suara atas mosi tidak percaya terhadap pemerintah koalisi Italia yang berusia 14 bulan itu.

Politisi Italia biasanya menghindari kegiatan politik selama minggu-minggu liburan musiam panas, tetapi Salvini memilih minggu lalu untuk mengumumkan dia tidak bisa memerintah lebih lama di dalam koalisi dengan Gerakan Lima Bintang yang anti kemapanan itu.

"Tidak semua perkawinan itu langgeng," demikian komentar Steve Bannon, mantan penasihat Donald Trump, yang berperan sebagai penasihat tidak resmi untuk Salvini.

"Saya berpendapat persekutuan antara Salvini dan Di Maio merupakan sebuah eksperimen baru," kata Bannon kepada harian Corriere Della Sera, mengacu kepada Luigi Di Maio, pemimpin dari Gerakan Lima Bintang.

Perceraian ini sudah terlihat sejak Mei lalu, ketika berlangsung pemilihan parlemen Eropa dan Lega berhasil melipat gandakan dukungannya dari 17 menjadi 34 persen, sehingga tidak sekedar memicu kegembiraan Salvini, tetapi ramalan dari analis bahwa dia bermaksud membubarkan pemerintahan koalisi ini, serta mengumumkan pemilihan mendadak untuk memanfaatkan dukungan publik yang semakin besar untuk dirinya.

Sejak bulan Mei lalu, Salvini, yang umumnya disalahkan secara konsisten menyulitkan mitra dan sekaligus pesaingnya Di Maio sejak koalisi terbentuk, secara lihai menggunakan media sosial dan semakin bersikap agresif. Salvini tidak disukai oleh PM Italia Giuseppe Conte, seorang pengacara yang relatif tidak dikenal dan dipilih untuk memimpin pemerintahan.

Sementara banyak politisi mengurangi kegiatan mereka bulan ini, Salvini melancarkan sebuah kampanye tidak resmi di pantai Italia, dan melawat ke seluruh negara. (jm/my)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG