Tautan-tautan Akses

Masjid Mesir Diserang Sebelum Imam Menyampaikan Khotbah Jumat


Orang-orang berdiri di luar masjid Al Rawdah, di Bir Al-Abed, Mesir, 25 November 2017.

Sementara imam hendak menyampaikan khotbah Jumat di sebuah masjid di daerah rawan Semenanjung Sinai, Mesir, teroris menyerang.

Dengan berteriak Allahu Akbar militan mulai menembaki jemaah. Ketika para jemaah berdesak-desakan untuk keluar dari masjid, mereka mendapati pintu keluar terhalang oleh mobil yang terbakar. Pada akhirnya 305 orang, termasuk 27 anak-anak, tewas dan 128 lainnya luka-luka.

Ebid Salem Mansour, seorang pekerja berusia 38 tahun di sebuah pabrik garam, mengatakan kepada Associated Press "Semua orang tiarap di lantai dan kalau ada yang mengangkat kepala, ia ditembak." Ia mengatakan "penembakan membabi buta dan histeris pada awalnya, lalu menjadi tembakan memilih-milih. Orang yang belum pasti mati atau masih bernafas ditembak mati."

Para saksi mata lain mengatakan militan menembaki ambulans ketika petugas pertolongan darurat berusaha mengangkut korban luka ke rumah sakit.

Masjid yang dijadikan sasaran serangan tersebut sering didatangi kaum Sufi. Kaum Sufi dipandang sebagai orang yang murtad oleh militan Islamis itu.

Nabil Sadeq, Jaksa Agung Mesir, mengatakan dalam pernyataan ada antara 25 hingga 30 orang penyerang. Sebagian dari mereka bertopeng dan lainnya dengan wajah terbuka. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG