Tautan-tautan Akses

Mantan Presiden Park Hadapi Pemeriksaan


mantan Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye (kanan) tiba di kantor kejaksaan di Seoul, Korea Selatan, 21 Maret 2017. (Kim Hong-ji/Pool Photo via AP)

Presiden terguling Korea Selatan, Park Geun-hye, Selasa (21/3) menjalani pemeriksaan dalam skandal korupsi yang memaksanya terguling dari kursi kepresidenan.

“Saya minta maaf kepada rakyat,” katanya ketika tiba di kantor kejaksaan. “Saya sungguh-sungguh akan menjalani penyelidikan.”

Mahkamah Konstitusi Korea Selatan memecat Park dari jabatannya awal bulan ini setelah pemakzulannya oleh parlemen atas tuduhan bahwa ia berkolusi dengan teman lamanya Choi Soon-sil untuk memeras perusahaan-perusahaan agar menyumbangkan $70 juta untuk yayasan-yayasan yang diragukan misinya dengan imbalan perlakuan yang baik.

Park bisa menghadapi tuduhan pemerasan, penyuapan dan tuduhan pidana lainnya. Dia telah membantah melakukan kesalahan apa pun.

Tokoh-tokoh penting lainnya telah didakwa terkait kasus itu, termasuk Lee Jae-yong, pewaris perusahaan raksasa elektronik Samsung.

Dengan tersingkirnya Park, Korea Selatan akan memilih presiden baru. Pemerintah mengumumkan Rabu lalu bahwa pemilu akan digelar tanggal 9 Mei. [lt]

XS
SM
MD
LG