Tautan-tautan Akses

Mantan PM Taiwan akan Pimpin Delegasi untuk Inaugurasi Trump


Mantan perdana menteri Taiwan, Yu Shyi-kun , akan menghadiri pelantikan Donald Trump, Jumat ini, 20 Januari 2017 (Foto: dok).

Mantan perdana menteri Taiwan akan menghadiri pelantikan Donald Trump, Jumat ini (20/1). Yu Shyi-kun akan bergabung dengan anggota parlemen dan pejabat pemerintah mewakili partai yang berkuasa Partai Demokrat Progresif dan pihak Nasionalis yang beroposisi.

Amerika tidak memiliki hubungan resmi dengan Taipei untuk menghormati China, yang mengklaim pulau itu sebagai miliknya. Namun, baik Amerika maupun Taiwan mempertahankan hubungan informal yang kuat dan Washington menjual senjata kepada Taiwan serta terikat secara hukum untuk menganggap setiap ancaman ke pulau itu sebagai keprihatinan serius.

Mantan perdana menteri Taiwan akan hadir pada acara pelantikan Donald Trump, Jumat ini (20/1). Yu Shyi-kun akan bergabung dengan anggota parlemen dan pejabat pemerintah mewakili partai yang berkuasa Partai Demokrat Progresif dan pihak Nasionalis yang beroposisi.

Trump dianggap melanggar preseden diplomatik puluhan tahun karena berbicara lewat telepon dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen tidak lama setelah kemenangannya dalam pemilihan presiden bulan November. Pekan lalu, ia mengatakan dalam sebuah wawancara surat kabar bahwa “kebijakan satu China” oleh Washington yang mengakui Beijing pada tahun 1979 itu terbuka untuk negosiasi. [lt]

XS
SM
MD
LG