Tautan-tautan Akses

AS

Signifikansi Pertemuan Presiden Taiwan dan Senator Ted Cruz


Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bertemu dengan Senator AS Ted Cruz. (Foto: Kantor Kepresidenan Taiwan)

Taiwan berusaha membina hubungan yang melampaui kubu Trump, ke anggota Republik lainnya guna mengupayakan dan membangun koneksi.

Menyusul pemilihan presiden 2016, Presiden AS terpilih Donald Trump menerima telepon dari Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, dan mempertanyakan apakah Amerika Serikat harus meneruskan kebijakan “satu China.”

Minggu ini, Tsai melakukan perjalanan ke Amerika Tengah, dan dia transit sebentar di Houston, Texas. Di sana dia bertemu dengan Senator Ted Cruz yang didampingi oleh Gubernur Texas Greg Abbott.

John Minnich, analis Asia Timur dari perusahaan intelijen Stratfor mengatakan, maknanya harus ditinjau dalam konteks latar belakangnya, pertemuan ini berlangsung pada saat ada ketidakpastian dalam hubungan Taiwan-China dan juga Taiwan-AS.

Tetapi, menurut Harry Kazianis, Direktur Studi Pertahanan di Center for the National Interest, menyebut pertemuan ini sangat signifikan, Taiwan berusaha membina hubungan yang melampaui kubu Trump, ke anggota Republik lainnya guna mengupayakan dan membangun koneksi. [jm]

XS
SM
MD
LG