Tautan-tautan Akses

China Nyatakan Tentangan atas Pertemuan Pemimpin Taiwan di AS


Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lu Kang dalam suatu konferensi pers di Beijing, China (Foto: dok).

China mengatakan pihaknya menentang setiap komunikasi antara pemimpin Taiwan dan pejabat Amerika, Senin (9/1), sehari setelah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bertemu dengan Senator Amerika Ted Cruz dan Gubernur Texas Greg Abbott.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lu Kang mengatakan kepada para wartawan bahwa China menentang kegiatan yang mengganggu dan merusak hubungan China-Amerika.

Pertemuan itu diadakan di Houston di mana Tsai singgah dalam perjalanan ke Amerika Tengah.

Cruz mengatakan tidak lama sebelum pembicaraan diadakan, delegasi kongres Houston menerima apa yang disebutnya surat yang mengherankan dari konsulat China yang meminta mereka agar jangan melakukan pertemuan itu.

“Republik Rakyat China perlu memahami bahwa di Amerika, kami mengambil keputusan kami sendiri mengenai pertemuan dengan pengunjung kami,” kata Cruz dalam pernyataan. “China tidak memberi kami hak veto atas orang-orang yang mereka temui.”

Senator tersebut mengatakan hal-hal yang dibicarakan, antara lain, peningkatan kerjasama ekonomi dan bahwa peningkatan akses ke Taiwan akan menolong petani, peternak, dan pengusaha kecil di negara bagiannya. [gp]

XS
SM
MD
LG