Tautan-tautan Akses

Mantan PM Pakistan Nawaz Syarif Diizinkan Keluar Negeri untuk Berobat


Mantan Perdana Menteri Nawaz Sharif, yang sementara dibebaskan dari penjara, tiba untuk menghadiri layanan pemakaman untuk istrinya, Kulsoom, di Lahore, Pakistan 14 September 2018. (Foto: Reuters/Mohsin Raza)

Pengadilan di Pakistan telah mengizinkan mantan perdana menteri Nawaz Sharif melakukan perjalanan ke luar negeri untuk pengobatan medis selama empat minggu.

Sharif, usia 69 tahun, dijatuhi hukuman penjara tujuh tahun oleh pengadilan antikorupsi pada 2018 dengan tuduhan korupsi dan pencucian uang. Tetapi dokter mengatakan, kesehatannya mengalami kemunduran karena dia menderita beberapa komplikasi medis.

Pengadilan tinggi di Lahore memerintahkan pemerintah pada Sabtu (16/11) untuk menghapus nama Sharif dari sebuah “daftar cekal” yang melarang seseorang atau terhukum meninggalkan negara.

Keputusan ini memberi Sharif waktu empat minggu untuk memperoleh perawatan medis di luar negeri dan durasinya bisa diperpanjang berdasarkan saran dari dokter.

Sharif dibebaskan dari penjara dengan jaminan bulan lalu berdasarkan pertimbangan medis, tetapi pengacaranya mengatakan, penyakit yang dideritanya perlu dikonsultasikan dengan dokter di London. Rencana perjalanan Sharif masih belum diketahui. [jm/ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG