Tautan-tautan Akses

Mantan PM Mesir Ahmed Syafiq Berencana Maju pada Pilpres 2018


Mantan Perdana Menteri Mesir Ahmed Shafiq saat berbicara di sebuah konferensi pers di Kairo, Mesir, 26 Mei 2012. (Foto:Dok)

Mantan perdana menteri Mesir Ahmed Shafiq, seorang mantan penerbang angkatan udara dan mantan calon presiden, Rabu (29/11), mengatakan berniat mencalonkan diri dalam pemilihan presiden tahun depan dan akan kembali ke Kairo dalam beberapa hari.

Namun Shafiq kemudian mengatakan kepada saluran televisi Al-Jazeera bahwa Uni Emirat Arab, negara sekutu dekat Mesir di mana ia sekarang tinggal, melarangnya meninggalkan negara itu.

“Saya terkejut bahwa saya dilarang meninggalkan Uni Emirat Arab karena alasan yang tidak saya pahami,” kata Shafiq, yang menambahkan ia berterima kasih atas keramahan negara itu, tetapi ia ingin pergi.

Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab, Anwar Gargash, melalui Twitter resmi membantah bahwa Shafiq dihalangi untuk pergi, dan menambahkan bahwa negaranya telah menerima kedatangannya meskipun sangat berkeberatan dengan sebagian pandangannya.”

Dalam pernyataan melalui rekaman video yang dikirim ke Reuters Shafiq mengatakan akan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Mesir bulan Apri, dimana Presiden Abdel Fattah al-Sisi diyakini akan maju untuk masa jabatan kedua. [ds]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG