Tautan-tautan Akses

Mantan PM Menangi Pemilihan Presiden Guinea-Bissau


Mantan perdana menteri Guinea-Bissau Umaro Sissoko Embalo, di Bissau, 28 Desember 2019. Embalo memenangi pemilihan presiden negara itu.

Pemimpin oposisi dan mantan Perdana Menteri Umaro Sissoko Embalo telah dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden Guinea-Bissau. Lawan-lawan Embalo kecewa dengan hasil pemilu tersebut.

Komisi pemilihan, Rabu (1/1/2020) mengatakan, Embalo memenangi 54 persen suara sedangkan mantan perdana menteri lain, Domingos Simoes Pereira dari partai PAIGC yang berkuasa, meraih 46 persen

Pereira mengatakan akan mencoba membatalkan hasil itu. Namun para pemantau pemilu belum melaporkan adanya kecurangan dan utusan PBB untuk Afrika Barat Mohamed Ibn Chambas memberi ucapan selamat kepada komisi pemilihan untuk apa yang ia sebut "perilaku teladan."

Embalo berjanji menjadi presiden "harmoni nasional" dalam apa yang dikatakan pengamat luar adalah salah satu negara termiskin dan paling korup di dunia dengan sejarah panjang kudeta dan upaya kudeta sejak merebut kemerdekaan dari Portugal pada 1974.

Penyelundup obat bius dari Amerika Selatan juga memanfaatkan pantai Atlantik Guinea-Bissau yang jarang dipatroli untuk menyelundupkan kokain ke Eropa. [ka/ft]

AP: Ind

Recommended

XS
SM
MD
LG