Tautan-tautan Akses

AS

Mantan Direktur FBI Tuduh Trump Tidak Layak Jadi Presiden


Mantan direktur FBI James Comey memberikan keterangan dalam sidang Komite Intelijen Senat di gedung Capitol, Washington, D.C., 8 Juni 2017. (Foto: dok).

Mantan Direktur FBI Amerika James Comey mengatakan Presiden Donald Trump “tidak layak secara moral” menjadi presiden dan bahwa ada indikasi Trump menghalangi proses hukum.

“Ada sesuatu yang lebih penting daripada itu yang menyatukan kita semua, dan bahwa presiden kita harus orang yang terhormat dan menganut nilai-nilai yang merupakan inti negara ini,” kata Comey. “Yang paling penting adalah kebenaran, Presiden ini tidak dapat melakukannya,” katanya.

Buku "A Higher Loyalty: Truth, Lies and Leadership" yang ditulis oleh mantan Direktur Biro Investigasi Federal (FBI), James Comey, dipajang di New York, 13 April 2018. (Foto: dok).
Buku "A Higher Loyalty: Truth, Lies and Leadership" yang ditulis oleh mantan Direktur Biro Investigasi Federal (FBI), James Comey, dipajang di New York, 13 April 2018. (Foto: dok).

Komentar Comey itu dikeluarkan dalam wawancara dengan televisi ABC News yang ditayangkan Minggu malam (15/4), sebelum terbitnya buku yang ditulis Comey yang sebagian mengemukakan peranannya dalam penyelidikan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden tahun 2016 dan penggunaan server email pribadi oleh Hillary Clinton, calon presiden dari partai Demokrat, serta pembicaraan empat mata Comey dengan Trump sebelum presiden memecatnya tahun lalu.

Baca juga: Trump Kembali Kecam Comey Lewat Twitter

Dalam salah satu pertemuan itu, yang digambarkan Comey dalam kesaksiannya di hadapan Kongres, Comey mengatakan Trump membicarakan penyelidikan mantan penasehat Keamanan Nasionalnya Michael Flyn dan meminta direktur FBI itu agar menghentikannya.

Trump telah membantah ia meminta Comey menghentikan penyelidikan Flyn, yang menyatakan dirinya bersalah berbohong kepada penyelidik FBI mengenai komunikasinya dengan duta besar Rusia untuk Amerika Serikat. Ia juga menyebut Comey pembohong melalui Twitter. [gp]

XS
SM
MD
LG