Tautan-tautan Akses

Manfaatkan Momentum, Pompeo Kunjungi Timteng 


Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dalam pertemuan dengan para anggota Dewan Keamanan PBB di New York, Amerika Serikat, 20 Agustus 2020.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo bertolak ke Timur Tengah, yang pertama dari dua pejabat senior AS yang melakukan perjalanan ke kawasan itu pekan ini sementara pemerintahan Presiden Trump mendorong upaya perdamaian Arab-Israel.

Pompeo bertolak Minggu (23/8) menuju ke Israel, negara-negara di Teluk Arab dan Sudan. Para diplomat mengatakan selanjutnya penasihat senior sekaligus menantu Trump, Jared Kushner akan mengunjungi sebagian negara yang sama pekan ini juga.

Pompeo dijadwalkan berbicara pada Selasa (25/8) dalam Konvensi Nasional Partai Republik, yang akan menominasikan Trump untuk masa jabatan kedua. Itu akan memutus tradisi lama dimana menteri luar negeri biasanya menolak berpartisipasi dalam proses nominasi.

Kunjungan terpisah Pompeo dan Kushner itu dilakukan sementara pemerintah AS berusaha memanfaatkan momentum dari perjanjian bersejarah antara Israel dan Uni Emirat Arab.

Kedua kunjungan itu diperkirakan tidak akan meraih terobosan segera, tapi bertujuan memfinalisasi sedikitnya satu perjanjian normalisasi antara negara-negara Arab dan Israel di masa depan. [vm/ft]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG