Tautan-tautan Akses

Pompeo: AS Dukung Rakyat Belarusia dan Upaya Mengkaji Hasil Pemilu


Para pendukung kelompok oposisi menyalakan lampu ponsel dalam unjuk rasa memprotes hasil pemilu di Lapangan Kemerdekaan, di Minsk, Belarusia, 20 Agustus 2020.

Amerika Serikat membela para pengunjuk rasa Belarusia, Kamis (20/8), dan mengatakan mendukung upaya-upaya internasional untuk menyelidiki pemilihan yang disengketakan, yang membuat Presiden Alexander Lukashenko terpilih kembali untuk masa jabatan keenamnya.

“Amerika terilhami oleh ekspresi damai rakyat Belarus yang berusaha menentukan masa depan mereka sendiri,” kata Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dalam pernyataan tertulis. Kami bertekad untuk mendukung kedaulatan, integritas dan aspirasi rakyat Belarus untuk memilih pemimpin dan jalan mereka sendiri, bebas dari campur tangan luar.”

Lukashenko, presiden Belarus yang telah berkuasa selama 26 tahun mengatakan, ia menang dalam pemilihan presiden pada 9 Agustus dengan mendapat 80 persen suara. Lawannya, Svetlana Tikhanovskaya hanya memperoleh 10 persen suara. Namun dilaporkan pemilihan itu dicurangi. Amerika, Uni Eropa, dan lainnya menolak hasil pemilu itu. [ps/ii]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG