Tautan-tautan Akses

Malaysia Tutup Sekolah karena Polusi Bahan Kimia


Pencemaran bahan kimia (foto: ilustrasi)

Pemerintah Malaysia telah menutup lebih dari 400 sekolah di negara bagian Johor setelah polusi bahan kimia membuat puluhan siswa sakit untuk kedua kalinya dalam tiga bulan terakhir.

Kementerian pendidikan memerintahkan 111 sekolah negeri dan beberapa ratus lembaga pendidikan swasta di distrik Pasir Gudang di negara bagian Johor ditutup selama tiga hari mulai Selasa (25/6) setelah banyak siswa mengeluh sulit bernapas dan muntah-muntah. Sumber polusi belum ditemukan.

Perdana Menteri Mahathir Mohamad hari Selasa mengatakan bahwa pihak berwenang masih berusaha mengidentifikasi perusahaan yang menyebabkan polusi itu dan memperingatkan tindakan tegas akan diambil.

Pada bulan Maret, sekolah-sekolah di daerah yang sama ditutup selama berhari-hari setelah limbah beracun dibuang secara ilegal ke sungai yang membuat lebih dari 5.000 orang sakit. Pihak berwenang mengatakan limbah dari insiden pada bulan Maret tersebut telah dibersihkan dan kedua insiden tidak berhubungan.

Mahathir mengatakan pencemaran berulang tersebut “patut disesalkan.”

Empat orang, termasuk dua warga Singapura, dari sebuah pabrik pemrosesan ban di Johor telah didakwa di pengadilan atas insiden polusi sebelumnya. [lt/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG