Tautan-tautan Akses

Malaysia Didesak Tingkatkan Tentangan Terhadap China di Perairan Sengketa


PM Malaysia Najib Razak menerima karangan bunga setibanya di New Delhi, India, 31 Maret 2017 (Foto: dok).

Penemuan baru dan tetap kegiatan pengawal pantai China di daerah laut yang diklaim oleh Malaysia, menambah desakan umum terhadap pemerintah Malaysia untuk menentang China, tetapi tidak dipandang sebagai hal yang dapat mengubah hubungan.

"Tiga kapal pengawal pantai China melakukan patroli di perairan lepas pantai Malaysia, di sebelah timur Kalimantan selama lebih 60 hari sejak bulan Desember hingga menjelang akhir Februari," kata Asia Maritime Transparency Initiative di bawah Pusat Pengkajian Internasional dan Strategi bulan ini.

Temuan itu akan menambah desakan umum terhadap pemerintahan Perdana Menteri Najib Razak agar meningkatkan tentangan terhadap China, menurut perkiraan para analis.

“Saya kira ini tentu adalah masalah yang akan menjadi hambatan bagi Najib,” kata Collin Koh, peneliti keamanan maritim di Nanyang Technological University di Singapura.

Kapal-kapal China dan satu kapal pengawal pantai Malaysia, yang tampaknya memantau kapal-kapal China itu, ditemukan dekat Luconia Shoals, kata situs internet pusat pengkajian tersebut. [gp]

XS
SM
MD
LG