Tautan-tautan Akses

Larangan Wisata China terkait THAAD Berdampak di Korea Selatan


Sepasang manusia tampak seperti siluet di depan menara Namsan (Namsan Tower) di Seoul, Korea Selatan (Foto: dok).

Tindakan balasan Beijing terhadap Korea Selatan yang menggelar sistem pertahanan misil THAAD terus menarget sejumlah sektor, seperti impor produk kosmetik Korea, pembatalan konser penyanyi-penyanyi pop Korea, dan larangan grup wisata China ke Korea Selatan.

Di Namsan Tower, Seoul, pengunjung yang tampak lebih sedikit daripada biasanya berkumpul untuk menyaksikan pertunjukan harian yang menampilkan budaya Korea dan memandang suasana kota metropolitan modern itu dari kawasan tertinggi di Seoul.

Bus-bus berisi penumpang dari negara-negara seperti Malaysia, Vietnam dan Hong Kong masih berdatangan di lokasi populer ini, tetapi pengunjung secara keseluruhan lebih sedikit daripada sebelumnya karena wisatawan China praktis tidak ada dalam bulan belakangan ini.

Wisatawan China berjumlah hampir separuh dari 17 juta pengunjung ke Korea Selatan tahun lalu. Tetapi angka-angka terbaru dari pemerintah menunjukkan jumlah turis dari China merosot hampir 20 persen pada bulan Maret ini. Biro perjalanan lokal, maskapai penerbangan, hotel, kapal pesiar dan pengelola toko bebas cukai terimbas.

Di Seoul, sejumlah kelompok wisata dan restoran yang khusus melayani turis China tutup untuk sementara. Bahkan biro-biro perjalanan yang tidak terimbas langsung oleh penurunan mendadak jumlah pengunjung China merasa cemas ini akan merusak citra Korea Selatan sebagai tempat tujuan wisata. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG