Tautan-tautan Akses

Makam Salvador Dali Digali Kembali untuk Ambil Sampel DNA


Pilar Abel berpose untuk sebuah foto setelah konferensi pers di Madrid, dimana ia mengklaim sebagai putri dari artis eksentrik Salvador Dali, 19 Juli 2017 (foto: AP Photo/Francisco Seco)

Satu tim ahli forensik hari Kamis menggali kembali kuburan pelukis surealis Spanyol kenamaan Salvador Dali untuk mengambil sampel DNA guna menyelesaikan gugatan turunan.

Dalam suatu suasana yang barangkali menyenangkan Dali yang eksentrik itu, massa berkumpul di luar Musium-Teater Dali di Figueras, Spanyol menyaksikan para akhli masuk.

Pengurus mayat yang mengawetkan mayat Dali ketika ia meninggal dunia tahun 1989 menjelaskan kepada kantor berita Reuters, tidak akan sulit mengambil sampel gigi atau tulang Dali sebab mayatnya dalam kondisi relatif baik.

Sampel akan dikirim ke Madrid untuk dianalisa dan dicocokkan dengan DNA sampel ludah dari Maria Pilar Abel umur 61 tahun.

Abel mengatakan ibunya dan Dali mempunyai hubungan intim ketika Dali tinggal di desa nelayan dan itu bukan rahasia lagi di kalangan penduduk setempat.

Kekayaan Dali bernilai $460 juta. Tetapi Abel mengatakan ia tidak tertarik dengan uang, hanya ingin diakui sebagai putri Dali.

Dali adalah pelukis cat surealis paling terkenal di dunia. Lukisannya “Persistence of Memory” adalah ikon surealisme. [ps/al]

XS
SM
MD
LG