Tautan-tautan Akses

AS

Majalah Time Tetapkan Wartawan sebagai "Person of the Year"


Lilin-lilin yang dinyalakan para aktivis, sebagai bentuk protes atas pembantaian wartawan Saudi, Jamal Khashoggi, ditempatkan di luar konsulat Saudi Arabia, di Istanbul, 25 Oktober 2018 (foto: AP Photo/Lefteris Pitarakis)

Wartawan Arab Saudi yang dibunuh, Jamal Khashoggi, termasuk sekelompok wartawan yang dinyatakan sebagai "Person of the Year" Majalah Time hari Selasa.

Majalah itu menampilkan seseorang atau sekelompok orang yang paling memengaruhi berita dan urusan dunia dalam setahun terakhir.

Pemimpin Redaksi Edward Felsenthal mengumumkan pada acara "Today" di stasiun televisi NBC, person of the year 2018 adalah "penjaga dan perang terhadap kebenaran."

Selain Khashoggi, "penjaga" lain adalah staf Capital Gazette di Annapolis, Maryland, di mana lima anggotanya tewas dalam penembakan massal di kantor harian itu Juni lalu.

Yang juga mendapat kehormatan itu adalah wartawati Filipina Maria Ressa, yang ditangkap atas tuduhan penggelapan pajak, dan wartawan Reuters Wa Lone dan Kyaw Soe Oo, yang dipenjara di Myanmar selama hampir satu tahun.

Majalah itu mengutip statistik Komite Perlindungan Wartawan, bahwa 262 wartawan dipenjara pada tahun 2017. Organisasi itu memperkirakan jumlah itu akan tinggi lagi tahun ini. [ka]

XS
SM
MD
LG