Tautan-tautan Akses

Presiden Perancis, Para Pemimpin Eropa Bertemu di Paris


Presiden Perancis Emmanuel Macron bersama Perdana Menteri Belanda Mark Rutte menggelar pertemuan dengan media seusai pertemuan mereka di Istana Elysee di Paris, Perancis, Jumat, 16 Juni 2017. (AP Photo / Francois Mori).

Presiden Perancis Emmanuel Macron mengadakan serangkaian pertemuan dengan para pemimpin Eropa di Paris, karena perundingan Brexit akan dimulai minggu depan.

Macron berturut-turut bertemu dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, Perdana Menteri Estonia Juri Ratas dan makan siang bersama dengan kepala pemerintahan Spanyol Mariano Rajoy.

Kantor kepresidenan Perancis mengatakan Macron akan merinci agendanya untuk Eropa. Masalah pertahanan dan keamanan, migrasi dan perubahan iklim termasuk di antara prioritas Perancis untuk KTT Uni Eropa yang dijadwalkan minggu depan.

Dalam sebuah pernyataan bersama Jumat (16/6) di halaman Elysee, Macron mengatakan bahwa pertemuannya dengan Rutte membantu mendefinisikan tujuan bersama Perancis dan Belanda untuk perundingan Brexit yang akan dipimpin oleh badan eksekutif Uni Eropa.

Rutte menekankan, “Brexit juga berarti bahwa kita harus melindungi warga kita dari dampak ekonomi yang mungkin terjadi.”

Macron yang baru terpilih berkampanye dengan sikap pro-Eropa yang kuat.

Dia terutama mengusulkan anggaran bersama untuk negara-negara yang menggunakan mata uang euro untuk memungkinkan investasi gabungan, memberikan bantuan keuangan darurat, dan membantu zona euro untuk bereaksi dengan lebih baik dalam menghadapi krisis keuangan. [as]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG