Tautan-tautan Akses

MA India: Berhubungan Seks dengan Istri di Bawah Umur adalah Perkosaan


Beberapa perempuan India mengikuti upacara pernikahan massal di Ahmedabad, India (foto: ilustrasi). Lebih dari seperempat perempuan di India yang berusia antara 20 dan 24 tahun telah dinikahkan sebelum mereka mencapai usia 18 tahun.

Mahkamah Agung India memutuskan, berhubungan seks dengan perempuan di bawah usia 18 tahun – meskipun istri -- sebagai tindakan pemerkosaan.

Keputusan besar ini mengubah pengecualian pada undang-undang sebelumnya yang tidak mengkriminalkan hubungan seks dengan orang di bawah umur seandainya mereka menikah.

Mahkamah Agung tidak mengatur mengenai perkosaan dalam perkawinan, yang di India tidak dianggap ilegal.

Meskipun pernikahan anak di bawah umur dianggap ilegal di India, LSM Independent Thought mengajukan petisi ke pengadilan tertinggi itu untuk mengeluarkan peraturan terkait pengantin anak. LSM itu mengatakan, New Delhi harus menghadapi realitas itu karena telah menyebar luas di berbagai penjuru negara tersebut.

Komisi Nasional Perlindungan hak Anak dan organisasi amal Young Lives melaporkan, lebih dari seperempat perempuan di India yang berusia antara 20 dan 24 tahun telah dinikahkan sebelum mencapai usia 18 tahun.

Laporan tersebut mengatakan, perkawinan di bawah umur sedikit menurun di wilayah-wilayah pedesaan, namun meningkat di wilayah-wilayah perkotaan. [ab/uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG