Tautan-tautan Akses

AS

MA Amerika Serahkan Kasus 'Toilet Transgender' pada Pengadilan


Para aktivis melakukan unjuk rasa menuntut persamaan hak bagi kaum transgender dalam aksi di depan Gedung Putih bulan lalu (foto: dok).

Mahkamah Agung Amerika hari Senin (6/3) menyerahkan kasus akses kamar kecil untuk siswa transgender tingkat SMA kembali kepada pengadilan, tanpa disertai putusan apapun.

Kasus itu dikirim kembali ke 4th US Circuit Court of Appeals yang berkantor di Richmond, Virginia, pengadilan yang tahun lalu berpihak pada siswa.

Siswa SMA Gavin Grimm mengajukan tuntutan terhadap Dewan SMA Gloucester County tentang hak menggunakan kamar kecil laki-laki di sekolah. Grimm, yang dilahirkan sebagai perempuan tetapi mengidentifikasi dirinya sebagai laki-laki, mengatakan penolakan sekolah terhadap permintaannya telah melanggar undang-undang anti-diskriminasi dan jaminan persamaan perlindungan berdasarkan konstitusi.

Meskipun Grimm tahun lalu menang di tingkat pengadilan banding yang memperbolehkannya menggunakan kamar kecil laki-laki, tetapi Mahkamah Agung menangguhkan putusannya Agustus lalu sebelum tahun ajaran baru sekolah dimulai.

Dengan keputusan mahkamah agung hari ini, kasus itu masih belum selesai diputuskan kalau Grimm lulus sekolah nanti, yang berarti haknya menggunakan kamar kecil laki-laki ditolak. [em/jm]

XS
SM
MD
LG