Tautan-tautan Akses

AS

AS Cabut Aturan Federal Perlindungan Murid Transgender


Para peserta demonstrasi untuk persamaan hak-hak transgender di depan Gedung Putih (22/2) setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan ia akan mencabut panduan untuk melindungi murid-murid transgender. (AP/Andrew Harnik)

Pemerintah Amerika Serikat hari Rabu (22/2) mencabut perlindungan federal bagi murid-murid transgender untuk menggunakan kamar mandi dan kamar ganti pakaian di sekolah-sekolah negeri berdasarkan identitas seksual mereka.

Departemen Kehakiman dan Departemen Pendidikan mengatakan surat-surat telah dikirim ke semua distrik sekolah di Amerika yang mengatakan bahwa petunjuk yang dikeluarkan pada zaman Presiden Barack Obama tentang penggunaan kamar mandi itu telah mengakibatkan banyaknya tuntutan hukum tentang pelaksanaannya.

Kata pemerintah, penafsiran tentang pelaksanaan “peraturan penggunaan kamar mandi” itu, kini diserahkan kepada negara bagian dan distrik-distrik sekolah.

“Ini adalah isu yang paling baik diselesaikan pada tingkat negara bagian dan tingkat lokal,” kata Menteri Pendidikan Betsy deVos.

Pendukung hak-hak kaum transgender mengatakan peraturan yang dicabut itu perlu untuk melindungi siswa dari diskriminasi, tapi para penentangnya mengatakan, pemerintah federal bertindak terlalu jauh. [isa/ps]

XS
SM
MD
LG