Tautan-tautan Akses

Lombok Diguncang Gempa Susulan 6,2 SR


Para petugas penyelamat mencari korban-korban di bawah puing-puing di Desa Sigar Penjalin, utara Lombok, di Nusa Tenggara Barat, 8 Agustus 2018, tiga hari setelah gempa kuat mengguncang wilayah tersebut.

Lombok kembali diguncang gempa susulan berkekuatan 6,2 SR pada Kamis (9/8), pukul 12.25 WIB, Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan melalui Twitter.

Pusat gempa berada 6 km arah barat laut Lombok Utara, dengan kedalaman 12 km, kata Sutopo. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Getaran kuat juga dirasakan di Mataram, sekitar 60 km di selatan pusat gempa. Bangunan tinggi bergoyang kuat, dan banyak gedung mengalami kerusakan.

Begitu gempa terjadi, tamu hotel berhamburan keluar menyelamatkan diri. Begitu juga dengan karyawan pemerintah dan swasta di berbagai perkantoran. Semua masih dibebani oleh trauma.

Seusai gempa, pemilik kendaraan mengeluarkan mobil mereka dan memarkir di tepi jalan protokol untuk menghindari keruntuhan gedung.

Situasi kacau tampak di RSUD Mataram. Ratusan pasien dievakuasi dari ruang perawatan. Keluarga pasien menangis menunggu di luar karena petugas tidak memperbolehkan mereka masuk. Seluruh proses evakuasi dilakukan oleh petugas rumah sakit, staf BNPB, SAR, dan relawan.

Meski bangunan baru, gedung RSUD Mataram mengalami retak dan terlihat jelas. Kondisi inilah yang memaksa petugas melarang keluarga pasien masuk ke dalam.

Sejumlah tenda didirikan di halaman rumah sakit.

Sementara pasien baru terus datang, sebagai korban dari gempa terakhir. Petugas rumah sakit menyiapkan tempat tidur pasien di pintu gerbang dan menyambut pasien yang terus datang. [as/ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG