Tautan-tautan Akses

Lingkungan Hidup, Politik dan 'The Godfather' Masuk Menu Tribeca Film Festival


Para pengunjung berdiri di atas karpet merah pada upacara pembukaan Festival Film Tribeca, New York. (Courtesy: Tribeca Film Festival)

Setelah pemilihan presiden AS yang kontoversial dan pergolakan dalam beberapa bulan pertama pemerintahan Presiden Donald Trump, festival film Tribeca tahun ini akan dibuka dengan sebuah pernyataan.

Isu-isu lingkungan hidup, politik dan sosial mendominasi 200 karya yang terpilih dalam bentuk film layar lebar, dokumenter, acara televisi dan karya seni lain yang dipamerkan selama festival film Tribeca dari 19 sampai 30 April.

Salah seorang pendirinya, Jane Rosenthal mengatakan pilihan untuk festival ke-16 ini termasuk tema lingkungan hidup dan “fakta bahwa kita adalah masyarakat terbuka dan semua orang diterima di sini."

"Seniman dapat mengekspresikan sesuatu yang kadang-kadang tidak bisa dilakukan politisi," kata Rosenthal kepada Reuters Television.

Film tentang limbah makanan, protes terhadap Dakota Access Pipeline dan badak putih yang terancam punah, termasuk di antara selusin proyek terkait Hari Bumi, yang jatuh di tengah-tengah festival itu pada 22 April.

Sebuah film dokumenter yang melihat peristiwa masa lalu tentang anak Kuba bernama Elian Gonzalez, yang menjadi sorotan utama dalam perdebatan penahanan dan imigrasi pada tahun 2000, film dokumenter tentang konsultan dan provokator politik Roger Stone, dan "Copwatch" tentang warga negara AS yang merekam aktivitas dan penangkapan oleh polisi, adalah beberapa di antara sekian banyak yang mengusung isu-isu sosial dan politik.

Festival ini akan dimulai pada hari Rabu dengan penayangan sebuah film dokumenter tentang produser musik Clive Davis - orang di balik kesuksesan penyanyi seperti Whitney Houston, Kelly Clarkson dan Jennifer Hudson.

Di penghujung festival film di kota New York ini akan dilangsungkan reuni para pemain dan sutradara film mafia pemenang Oscar "The Godfather" untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-45 dan juga film lanjutannya pada 1974 "The Godfather: Part II."

Francis Ford Coppola, Al Pacino, Diane Keaton, Robert De Niro dan Robert Duvall diharapkan akan bergabung dalam acara bincang-bincang setelah pemutaran film mereka pada 29 April.

Festival film Tribeca didirikan pada tahun 2002 oleh De Niro dan Rosenthal untuk merevitalisasi kawasan Manhattan setelah serangan 11 September 2001. [as]

XS
SM
MD
LG