Tautan-tautan Akses

Festival Film Internasional Beijing: Kurangnya Film Korsel Bukan Karena Politik


Artis Fan Bingbing (kiri) dan aktor Huang Xiaoming di Beijing International Film Festival, China, 16 April 2016 (Foto: dok).

Kurangnya film Korea Selatan dalam Festival Film Internasional di Beijing tahun ini tidak ada hubungannya dengan politik, kata salah seorang penyelenggara, Jumat, sementara hubungan antara China dan Korea Selatan terus menurun terkait penempatan sistem anti misil yang ditentang oleh Beijing.

Kantor berita Yonhap mengutip sumber industri hiburan Korea Selatan secara anonim bulan lalu yang mengatakan bahwa pemerintah China telah mencabut undangan untuk beberapa film Korea Selatan yang akan ditayangkan selama festival itu.

Festival Film Internasional Beijing yang ketujuh itu akan dimulai hari Minggu dan tuntas pada 23 April. Film-film Korea telah ditayangkan pada tahun-tahun sebelumnya, dan tahun lalu aktor Korea muncul pada upacara pembukaan dan penutupan. Tahun ini, 15 film yang bersaing untuk penghargaan Tiantan, dan penyelenggara festival mengatakan 500 "film global luar biasa " dari beberapa negara akan diputar. Tidak ada yang dari Korea Selatan.

Ketika ditanya mengapa, Ai Dongyun, wakil sekretaris umum panitia festival, mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa film-film itu dipilih berdasarkan prestasi tanpa memperhatikan negara asalnya. [as]

XS
SM
MD
LG