Tautan-tautan Akses

Libia dan Mesir Lancarkan Serangan Terhadap Militan yang Membunuh Warga Kristen Mesir


Dalam gambar yang diambil dari video yang dirilis oleh militer Mesir, sebuah jet tempur Mesir lepas landas dari sebuah lokasi yang dirahasiakan di Mesir untuk menyerang tempat persembunyian militan di kota Darna, Libya, 26 Mei 2017.

Pesawat tempur Mesir dan Libia dilaporkan melancarkan serangan udara terhadap militant Islamis yang membunuh 29 warga Kristen Mesir minggu lalu. Saksi mata mengatakan, serangan Senin menyasar kota Darna di Libia dimana Mesir mengatakan, terdapat kamp militan.


Pejabat militer Mesir belum memberi konfirmasi atas serangan Senin itu, tetapi juru bicara Libia mengatakan, dua kelompok yang berafiliasi dengan al-Qaeda adalah sasarannya.


AU Mesir mulai menyerang kamp itu pada Jumat, beberapa jam setelah militan menangkap warga Kristen di provinsi Minya, Mesir, serta melakukan penembakan, menewaskan 29 orang dan mencederai 24 orang lainnya.

Sebuah faksi Libia yang memerintah di timur dan bersekutu dengan Mesir, ikut ambil bagian dalam serangan udara itu.

Menlu Rusia Sergei Lavrov ada di Kairo pada Senin, dan katanya, Moskow akan mendukung setiap upaya yang benar-benar membantu perang melawan terorisme.


Dia bertemu dengan Menlu Mesir Sameh Shoukry yang mengatakan, Kairo melakukan koordinasi dengan Rusia dalam pertempuran ini, termasuk menghentikan pendanaan teror dan mencegah negara-negara memberi tempat berlindung kepada ekstremis. [jm]

XS
SM
MD
LG