Tautan-tautan Akses

Kawanan Bersenjata Serang Bus Warga Kristen Koptik di Mesir, 26 Tewas


Seorang polisi dan pendeta Kristen Koptik berada di lokasi pasca serangan atas sebuah bus penumpang di Minya, Mesir hari Jumat (26/5).

Para pejabat mengatakan,“ orang-orang bersenjata dan berkedok menyerang sebuah bus Kristen Koptik yang sedang menuju sebuah biara di Mesir, menewaskan sedikitnya 26 orang”.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan "sekitar 10 penyerang dalam tiga truk pickup menyerang ketika bus itu menuju biara Saint Samuel di negara bagian Minja sekitar 320 kilometer dari Kairo”.

“Mereka menggunakan senjata otomatis”, Gubernur Minja Essam el-Bedawi mengatakan kepada stasiun televisi, yang menayangkan gambar-gambar bi8s itu dengan jendela-jendela pecah, yang dikelilingi oleh polisi dan ambulans.

Menurut kementerian kesehatan, 25 orang luka-luka dalam serangan itu.

Dewan Keamanan PBB mengutuk “sekeras-kerasnya” apa yang disebutnya “serangan teroris pengecut dan kejam”.

Dalam pernyataan Jumat, para anggota Dewan Keamanan mengatakan, “Aksi teror dalam segala bentuk dan manifestasinya merupakan salah satu ancaman paling serius terhadap perdamaian dan keamanan internasional.”

Mereka menyerukan kepada semua orang yang bertanggung-jawab atas serangan itu – para organisator, pelaku, pendukung keuangan, dan sponsor – agar diseret ke pengadilan. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG