Tautan-tautan Akses

Laporan: Amerika Sedang Merasakan Dampak Perubahan Iklim


Para pendemo melakukan protes di Brandenburg Gate, di Berlin, Jerman, 2 Juni 2017. Mereka memprotes keputusan Amerika untuk mundur dari Kesepakatan Iklim Paris. (Foto:dok)

Laporan resmi pemerintah federal menunjukkan, Amerika saat ini saja telah merasakan dampak perubahan iklim, dengan naiknya suhu udara secara dramatis dalam empat dasawarsa terakhir.

Harian New York times, mengutip laporan sementara yang dihimpun oleh para pakar dari 13 lembaga pemerintah mengatakan, gelombang hawa panas semakin sering, tapi gelombang hawa dingin semakin jarang terjadi sejak tahun 1980-an.

Kata laporan itu, emisi gas-gas rumah kaca akan menentukan seberapa jauh peningkatan suhu panas itu akan naik; suatu hal yang dibantah oleh Presiden Donald Trump dan beberapa menteri kabinetnya.

Seorang pakar yang tidak disebut namanya oleh harian New York Times mengatakan, ia dan beberapa periset lainnya khawatir bahwa pemerintahan Trump, yang harus menyetujui laporan itu sebelum dirilis, kemungkinan akan merahasiakan laporan itu. (ii)

XS
SM
MD
LG