Tautan-tautan Akses

Kunjungi Solo, Dubes AS yang Baru Jajaki Kerjasama Sejumlah Bidang

  • Yudha Satriawan

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo memberikan cenderamata wayang kepada Dubes AS Joseph R. Donovan di Solo (19/1). (VOA/Yudha Satriawan)

Dubes AS Joseph R Donovan, berkunjung ke kampung halaman Presiden Jokowi di Solo Jawa Tengah. Amerika Serikat menjajaki kerjasama sejumlah bidang.

Dubes Amerika Serikat Joseph R. Donovan melakukan kunjungan kerja di Solo, Jawa Tengah, menemui Walikota Hadi Rudyatmo dalam pertemuan tertutup yang berlangsung hampir satu jam.

Usai pertemuan, Donovan mengatakan Kedubes Amerika Serikat melirik peluang kerjasama sejumlah bidang, dengan fokus pada pariwisata dan pengembangan energi listrik terbarukan berbasis sampah.

“Saya tahu Solo adalah jantung budaya dan sejarah negara Indonesia. Saya senang sekali bisa berkunjung ke Solo dan sudah berdiskusi banyak dengan Walikota untuk meningkatkan kerjasama," ujarnya.

"Ada beberapa peluang kerjasama yang ingin dijajaki, di antaranya investasi, pariwisata, pendidikan, aviasi untuk infrastruktur bandara, tenaga listrik dan pariwisata. Khusus untuk pariwisata, saya akan ikut mempromosikannya agar mampu menarik wisatawan Amerika Serikat (AS) berkunjung ke kota ini.Saya akan beritahukan kepada teman-teman betapa indahnya Solo."

Donovan menambahkan bahwa Solo adalah kota pertama yang dikunjungi dalam lawatannya setelah menyerahkan surat kepercayaan dari pemerintah Amerika Serikat sebagai duta besar kepada Presiden Joko Widodo, 12 Januari 2017.

Dalam kunjungannya ini, Dubes Donovan juga mengapresiasi toleransi umat beragama yang ada di Solo. Dua kegiatan lintas agama dan lintas etnis yaitu perayaan haul Habib Ali Al Habsyi yang dihadiri sekitar 10.000 warga muslim dan perayaan Tahun Baru Imlek dengan nuansa ratusan lampion berserta deretan patung shio digelar hampir bersamaan pekan ini.

Walikota Solo, Hadi Rudyatmo, mengatakan kesiapannya bekerjasama dengan Dubes Amerika Serikat terkait berbagai program.

"Kerjasama dan ditawarkan ke Pemkot Solo adalah power plant sampah atau pembangkit listrik tenaga sampah. Tapi kami jawab bahwa PLT sampah di Solo 20 Megawatt sedang dalam proses tahap pengerjaan. Kita kemudian tawarkan kerjasama di bidang kesehatan, pembangunan rumah sakit."

XS
SM
MD
LG