Tautan-tautan Akses

AS

Kunjungi RSAD, Trump Pakai Masker


Presiden AS Donald Trump mengenakan masker saat mengunjungi Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Bethesda, Maryland, AS, 11 Juli 2020. (Foto: REUTERS/Tasos Katopodis)

Presiden AS Donald Trump mengenakan masker di tempat umum untuk pertama kalinya, Sabtu (11/7), ketika mengunjungi para tentara AS di sebuah rumah sakit militer di luar Washington.

“Saya tidak pernah menentang masker, tapi saya percaya ada waktu dan tempat (untuk pakai masker)," kata Trump kepada para wartawan sebelum dia menaiki Marine One untuk sebuah penerbangan singkat ke RS Militer Nasional Walter Reed di Bethesda, Maryland.

Sekitar dua pekan lalu, presiden menjelaskan bahwa dia tidak perlu melakukan tindakan pencegahan virus corona dengan pakai masker karena semua orang disekitarnya selalu dites.

Di Walter Reed, presiden mengenakan masker hitam, begitu pula tim keamanan dan para pejabat Walter Reed. Dia hanya berada disana kurang dari sejam, mengunjungi para pasien dan staf militer yang disebutnya "pahlawan hebat kami, yang terluka" dan "prajurit di garis depan Covid.”

Selain bertemu dengan para tentara yang terluka, Trump mengatakan dia akan bertemu dengan para pekerja yang bertugas mengendalikan penyebaran virus corona.

Kunjungannya itu dilakukan di tengah lonjakan kasus Covid-19 di AS, yang terus terbanyak dari segi penularan maupun kematian.

Lebih dari 3.2 juta orang di AS terinfeksi virus itu hingga Sabtu (11/7), sekitar seperempat dari 1.25 juta kasus di seluruh dunia, menurut statistik John’s Hopkins University. [vm/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG