Tautan-tautan Akses

KTT Para Pemimpin Uni Eropa akan Bahas Brexit


Negosiator Uni Eropa Brexit Michel Barnier menghadiri pertemuan EPP di Brussels, 22 Juni 2017. (AP Photo/Geert Vanden Wijngaert)

Para pemimpin Uni Eropa memulai KTT dua hari mereka di Brussels hari Kamis (22/6), untuk membahas banyak hal mulai dari rencana Inggris keluar dari blok ekonomi regional itu hingga bangkitnya kembali perekonomian.

Pernyataan Perdana Menteri Inggris Theresa May pertemuan itu diperkirakan akan mencakup jaminan mengenai masa depan tiga juta warga negara-negara anggota Uni Eropa lainnya yang tinggal di Inggris.

Bersama masa depan lebih dari 1 juta warga Inggris yang tinggal di negara-negara lain di Uni Eropa, masalah itu merupakan salah satu topik utama yang harus disepakati kedua pihak sebagai bagian dari perundingan yang dimulai awal pekan ini.

Setelah May berbicara hari Kamis malam (22/6), para pemimpin lainnya akan bertemu tanpa kehadiran perdana menteri Inggris itu untuk membahas proses Brexit di pihak mereka yang dipicu oleh referendum Inggris setahun silam, dan proses ini dijadwalkan tuntas pada akhir Maret 2019.

KTT Uni Eropa juga akan menangani masalah migrasi, sanksi-sanksi baru terhadap Rusia dan upaya-upaya memerangi ekstremisme di dunia maya. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG