Tautan-tautan Akses

Inggris, Uni Eropa Rundingkan Proses Brexit


Kepala Uni Eropa Brexit Negotiator Michel Barnier (nomor lima dari kanan), dan Menteri Luar Negeri Inggris David Davis (nomor empat dari kiri) dalam pertemuan meja bundar di markas besar Uni Eropa di Brussels, 19 Juni 2017. (Emmanuel Dunand, Pool Photo via AP)

Para wakil dari Inggris dan Uni Eropa mengadakan pertemuan hari Senin (19/6) di Brussel untuk memulai proses rumit perundingan keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Pembicaraan diadakan kira-kira setahun setelah rakyat Inggris dengan selisih tipis memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa.

Pemimpin perunding Inggris, David Davis, mengatakan pihaknya memulai proses itu dengan nada yang positif dan konstuktif, dan bahwa lebih banyak hal yang “menyatukan kita daripada yang membelah kita.”

Pemimpin perunding Uni Eropa, Michel Barnier, mengatakan prioritasnya adalah melenyapkan ketidak-pastian yang disebabkan oleh Brexit.

Inggris dan Uni Eropa mempunyai waktu sampai akhir Maret tahun 2019 untuk mencapai persetujuan dan diratifikasi oleh parlemen-parlemen negara anggota Uni Eropa.

Para perunding akan memutuskan tentang hal-hal seperti peraturan perjalanan antara Inggris dan negara-negara Uni Eropa, persetujuan perdagangan dan hak jutaan warga Uni Eropa yang tinggal di Inggris serta jutaan lagi warga Inggris yang tinggal di negara-negara Uni Eropa.

Pembicaraan itu juga diadakan tidak lama setelah pemilu dini Inggris, yang tadinya diharapkan Perdana Menteri Inggris Theresa May akan memperkuat posisinya dalam perundingan itu, tetapi ternyata sebaliknya pemilu itu menghasilkan mandat yang lebih lemah baginya. [gp]

XS
SM
MD
LG