Tautan-tautan Akses

AS dan Korea Selatan Klaim Uji Coba Rudal Korea Utara Sebagai Kegagalan


FOTO ARSIP – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, melakukan inspeksi pada sebuah sub unit yang berada di bawah Unit KPA 1344 dalam sebuah foto yang tidak bertanggal yang dirilis oleh Kantor Berita Korea Utara (KCNA) di Pyongyang, tanggal 9 November 2016 (foto: REUTERS/KCNA/Foto Arsip)

Uji coba rudal Korea Utara hari Rabu dipandang oleh AS dan Korea Selatan sebagai suatu kegagalan.

AS dan Korea Selatan menyatakan uji coba rudal Korea Utara hari Rabu berakhir dalam kegagalan.

Jurubicara untuk Komando AS di Pasifik mengatakan rudal tersebut tampaknya telah meledak dalam hitungan detik setelah diluncurkan dari Semenanjung Kalma, bagian timur dari negeri itu.

Militer Korea Selatan mengatakan peluncuran uji coba tampaknya tidak berjalan normal.

Kedua negara tidak mengungkapkan rincian tentang jenis rudal yang diujicoba, dan keduanya menyatakan mereka terus menganalisa peluncuran rudal tersebut.

Awal bulan ini, Korea Utara menembakan empat rudal balistik ke arah Laut Jepang sebagai respon terhadap latihan militer tahunan AS-Korea Selatan, yang dipandang oleh Korea Utara sebagai persiapan untuk tempur.

Tiga dari rudal tersebut terbang sekitar 1.000 kilimoter dan mendarat di perairan Jepang, ujar Pentagon. Para pejabat AS menyatakan semua persenjataan tersebut adalah roket jarak menengah dan bukan merupakan ancaman terhadap Amerika Utara. [ww]

XS
SM
MD
LG