Tautan-tautan Akses

Korut, Korsel akan Adakan Pembicaraan Tingkat Tinggi


Tentara Korea Selatan berjalan di Jembatan Unifikasi menuju Zona Demiliterisasi (DMZ) dekat desa perbatasan Panmunjom di Paju, Korea Selatan, Kamis, 4 Januari 2018. (Foto: dok).

Korea Utara dan Selatan akan mengadakan pembicaraan tingkat tinggi hari Selasa (9/1) terutama untuk membicarakan partisipasi Utara dalam Olimpiade musim dingin dalam waktu dekat, tetapi juga untuk mencari cara mengurangi ketegangan yang meningkat atas ancaman nuklir Pyongyang yang meningkat.

Korea Selatan akan menjadi tuan rumah Olimpiade Pyeong Chang tahun 2018 dari tanggal 9 Februari sampai 25 Februari, serta Paralympic Musim Dingin dari tanggal 9 sampai 18 Maret.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in telah menekankan tema perdamaian dan rekonsiliasi bagi Olimpiade itu, dan berkali-kali mengundang Korea Utara untuk turut, sebagai jalan untuk memulai kembali dialog antar-Korea yang dihentikan setelah percobaan nuklir Korea Utara tahun 2016.

“Ada hal-hal yang kita sarankan kepada Korea Utara untuk perdamaian Olimpiade. Kita bersiap-siap untuk fokus pada hal-hal demikian, dan kita memperkirakan bahwa kepentingan bersama akan berhasil meningkatkan hubungan antar-Korea,” kata juru bicara Kementerian Unifikasi Baik Tae-hyun hari Senin.

Pembicaraan antar-Korea akan diadakan di sisi selatan zona bebas militer (DMZ) yang membagi dua semenanjung itu di desa gencatan senjata Panmunjom, di mana persetujuan gencatan senjata tahun 1953 untuk mengakhiri Perang Korea ditandatangani. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG