Tautan-tautan Akses

Korut Janjikan 'Tindakan Keras' sementara Kapal AS Menuju Perairan Korea


Warga Korea Utara usai memberikan penghormatan kepada patung Kim Il Sung (kiri) dan Kim Jong Il di Pyongyang, Jumat (14/4). Korut siap melakukan percobaan nuklir bawah tanah untuk memperingati HUT Kim Il Sung.

Militer Korea Utara hari Jumat (14/4) menanggapi secara langsung ancaman baru Presiden Amerika Donald Trump untuk “mengatasi” ancaman nuklir Korea Utara di tengah-tengah dugaan uji coba nuklir yang bisa dilakukan sewaktu-waktu.

“Balasan terkeras kami terhadap Amerika dan pendukungnya akan dilakukan dalam bentuk demikian tanpa ampun sehingga pelaku agresi tidak bertahan hidup,” demikian menurut juru bicara Staf Umum Tentara Rakyat Korea.

“Dalam situasi sulit sekarang, Amerika harus bersikap masuk akal dan membuat pilihan yang tepat untuk menyelesaikan masalah,” lanjut pernyataan itu yang dimuat oleh kantor berita resmi Korea Utara, dan kemudian disiarkan oleh stasiun radio Korea Utara.

VOA meminta tanggapan kantor pers Gedung Putih dan Dewan Keamanan Nasional mengenai komentar terbaru dari Korea Utara itu, tapi tidak mendapat tanggapan.

Sehari sebelumnya Trump menanggapi laporan bahwa Korea Utara siap melakukan percobaan nuklir bawah tanah sedini hari Sabtu (15/4), untuk memperingati hari ulang tahun pendiri negara itu, Kim Il Sung. [my/al]

XS
SM
MD
LG