Tautan-tautan Akses

Trump Peringatkan Agar Korea Utara Mundur


Seorang pria menyaksikan televisi yang menayangkan berita tentang pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un, di Seoul Korea Selatan, April 5, 2017.

Presiden Amerika Donald Trump hari Kamis mengirim peringatan baru kepada Korea Utara agar tidak melakukan uji coba nuklir baru selagi laporan meningkat mengenai Korea Utara yang bersiap-siap merayakan hari besar nasionalnya kemungkinan dengan uji coba nuklir.

“Korea Utara adalah masalah” kata Trump di Gedung Putih. “Masalah itu akan diatasi”. Sementara komentarnya langsung dianggap sebagai ancaman tindakan militer terhadap Korea Utara, Trump menambahkan bahwa China “bekerja keras” untuk meredakan ketegangan internasional terkait Korea Utara dan berharap diplomasi China akan berhasil.

Meski demikian dalam komentar terpisah Kamis pagi, Trump mengatakan Amerika siap mengatasi krisis Korea Utara tanpa China jika diperlukan.

Kapal induk Amerika dan kapal-kapal perang lainnya menuju Semenanjung Korea untuk menunjukkan kekuatan minggu ini meskipun belum ada ancaman Amerika sebagai tindakan balasan jika Korea Utara melakukan uji coba nuklir lainnya atau meluncurkan misil misil lagi bertentangan dengan sanksi-sanksi PBB.

Di Pentagon Menteri Pertahanan James Mattis mengatakan Amerika “bekerja sama dengan mitra-mitra internasional untuk meredakan ketegangan itu tapi intinya adalah, Korea Utara harus mengubah prilakunya.” [my/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG