Tautan-tautan Akses

Korsel, China, Jepang Berbagi Informasi Pandemi Virus Corona


Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha (Foto: dok).

Korea Selatan, China dan Jepang berbagi informasi mengenai pandemi virus corona, serta menjajaki cara mencegah virus itu menyebar lebih jauh sambil mempertahankan pertukaran ekonomi dan sosial.

Menteri-menteri luar negeri ketiga negara itu mengadakan telekonferensi hari Jumat untuk membahas kerjasama menghadapi kekhawatiran yang kian besar mengenai jumlah orang terjangkit virus corona yang memasuki negara mereka dari luar negeri.

“Masalah ini berdampak langsung terhadap kehidupan warga ketiga negara,” kata Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha, sewaktu ia membuka konferensi tersebut.

Kang mengatakan ketiga negara harus bekerjasama menanggulangi penyebaran virus corona dan meminimalkan dampaknya terhadap pertukaran orang-ke-orang dan ekonomi karena pengawasan perbatasan yang lebih ketat dan pengurangan penerbangan secara drastis di antara ketiga negara bertetangga di Asia tersebut.

Sementara itu, Korea Selatan memberlakukan karantina wajib 14 hari bagi mereka yang datang dari Eropa.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan melaporkan 87 kasus baru virus corona pada hari Jumat (20/3), sehingga total yang terjangkit di negara itu mencapai 8.652 orang. [uh/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG