Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Serukan Respons Global Atasi Virus Corona


Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres (kiri) bersama Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus (kanan) (foto: dok).

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres memperingatkan, Kamis (19/3), jutaan orang di seluruh dunia bisa meninggal akibat wabah virus corona jika tidak ada respons global yang terkoordinasi.

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) atau WHO hingga kini telah mencatat lebih dari 200.000 pasien virus corona dan lebih dari 8.000 kematian.

Sekjen PBB mendesak setiap negara untuk berkontribusi dalam pendanaan WHO untuk membantu semua negara dalam menanggapi virus ini. Kamis, WHO mengatakan telah menerima hampir sebanyak 675 juta dolar AS untuk pembiayaan tiga bulan mendatang, namun meminta lebih banyak lagi karena virus ini telah menyebar ke lebih banyak negara.

Guterres mendesak adanya sebuah pendekatan simultan: pertama menanggapi darurat kesehatan global, lalu fokus terhadap dampak sosial dan respon ekonomi dan pemulihan.

Sekjen PBB menyampaikan dukungannya kepada pemerintahan yang bergerak cepat terhadap masyarakatnya. Dia juga mengatakan, situasi tak terduga seperti ini memerlukan solidaritas, keinginan politik dan aksi yang dramatis. [ti/ii]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG