Tautan-tautan Akses

Korea Utara Tembakkan 3 Proyektil, Peluncuran Kedua di 2020


Seorang pria melintas di depan layar TV di Seoul, Korea Selatan, yang menyiarkan berita Korea Utara menembakkan proyektil, Senin, 9 Maret 2020. (Foto: Reuters)

Menurut militer Korea Selatan, Korea Utara menembakkan tiga proyektil, Senin (9/3). Sepertinya itu merupakan uji coba rudal kedua Korea Utara tahun ini.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan proyektil-proyektil itu ditembakkan menuju laut di lepas pantai timur Korea Utara dari Kota Sondok di Provinsi Hamgyong Selatan. Belum ada rincian lebih lanjut mengenai peluncuran itu.

Korea Utara, yang berusaha memerangi wabah virus corona, telah mengirimkan pesan yang tak jelas dalam sepekan belakangan.

Senin lalu (2/3), Korea Utara menembakkan dua rudal balistik jangka pendek. Pada Selasa (3/3), adik perempuan dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong, mencela kantor kepresidenan Korea Selatan dengan sebutan "idiot."

Pada Kamis (5/3), Kim Jong Un mengirimkan sepucuk surat bernada hangat, mengekspresikan apa yang kata Seoul merupakan sikap "persahabatan dan kepercayaan" Kim yang "tak tergoyahkan" terhadap Presiden Korea Selatan
Moon Jae-in. Itu adalah kontak pertama antara kedua pemimpin itu dalam beberapa bulan.

Langkah-langkah itu -- yang bahkan dianggap tak menentu menurut standar Pyongyang -- menimbulkan ketidakpastian mengenai niat Korea Utara untuk 2020. [vm/ft]

Lihat komentar (1)

XS
SM
MD
LG