Tautan-tautan Akses

Konser Gratis Madonna di Pantai Copacabana Brazil Dipadati 1,6 Juta Penonton


Madonna tampil dalam pertunjukan terakhir serangkaian tur keliling dunianya, di Pantai Copacabana di Rio de Janeiro, Brazil, 4 Mei 2024. (Foto: AP)
Madonna tampil dalam pertunjukan terakhir serangkaian tur keliling dunianya, di Pantai Copacabana di Rio de Janeiro, Brazil, 4 Mei 2024. (Foto: AP)

Lebih dari satu juta orang memadati konser gratis Madonna pada Sabtu (4/5) di Pantai Copacabana di Brazil. Meskipun cuaca terik, mereka tetap bertahan untuk menyaksikan konser penutup tur dunia "Celebration" sang penyanyi kondang itu.

Jalan raya berpasir dan tepi laut di sekitar pantai terkenal Rio de Janeiro disesaki oleh sejumlah besar orang yang diperkirakan mencapai 1,6 juta orang.

Banyak orang memilih untuk tiba di lokasi konser berjam-jam atau bahkan berhari-hari sebelumnya untuk memastikan mereka mendapatkan tempat yang strategis, sementara para penggemar yang lebih mampu memilih untuk bersandar di puluhan perahu di sekitar pantai. Penonton juga membanjiri apartemen-apartemen di tepi pantai untuk menikmati konser tersebut.

Petugas pemadam kebakaran menyemprotkan air sebelum konser dimulai untuk menyejukkan para penggemar yang berkumpul di dekat panggung bintang pop tersebut karena suhu melampaui 30 derajat Celsius. Para penonton juga diberikan air minum gratis. Suhu berada di angka 27 Celsius selama konser yang digelar pada malam hari.

Madonna, 65, membawakan lagu-lagu seperti "Like a Prayer", "Vogue" and "Express Yourself" selama lebih dari dua jam mulai pukul 22.45 waktu setempat saat dia menyelesaikan tur hits terbesar yang dimulai pada akhir tahun lalu.

"Rio, di sinilah kita berada, di tempat paling indah di dunia, dengan samudra, pegunungan, Yesus," kata Madonna kepada kerumunan, merujuk pada patung Yesus sang Penebus yang megah di puncak gunung di kota itu.

Lebih dari 3.000 petugas polisi dikerahkan di sekitar area konser, tempat Rolling Stones dan Rod Stewart juga menarik jutaan penonton. Pihak berwenang menggunakan strategi pengelolaan massa yang mirip dengan penanganan mereka terhadap perayaan Malam Tahun Baru yang terkenal di kota tersebut.

Pemerintah negara bagian dan kota Rio mengatakan mereka menghabiskan 20 juta reais atau Rp62,2 miliar untuk konser tersebut, sementara sisanya dibiayai oleh sponsor swasta. Pihak berwenang memperkirakan konser tersebut dapat memberikan sekitar 300 juta reais atau sekitar Rp4,8 triliun bagi perekonomian Rio. [ah/ft]

Forum

XS
SM
MD
LG