Tautan-tautan Akses

AS

Hadapi Corona, Kongres AS Siapkan RUU Stimulus Ekonomi $1 Triliun


Warga antre untuk mendapatkan tes virus corona atau COVID-19 di Brooklyn Hospital Center, Brooklyn, New York, 19 Maret 2020. (Foto: Reuters)

Kongres Amerika Serikat (AS), Kamis (19/3), bergegas menyiapkan rancangan undang-undang (RUU) untuk membantu rumah tangga dan perekonomian AS dengan kucuran dana senilai $1 triliun di tengah wabah virus corona.

Langkah itu yang diawali dengan proposal dari Gedung Putih untuk mengirim cek bantuan dana tahap pertama bagi warga Amerika. Setiap keluarga dengan empat orang anggota keluarga kemungkinan akan mendapat $3.000.

"Rakyat Amerika membutuhkan bantuan dan mereka membutuhkannya segera," kata Mitch McConnel, ketua fraksi Mayoritas di Senat, dalam pembukaan sidang Senat.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan cek akan langsung disetorkan ke rekening warga berdasarkan rencana pemerintah Trump yang diusulkan ke Kongres.

Mnuchin mengatakan kepada Fox Business Network bahwa pembayaran itu terdiri dari $1.000 per orang dewasa dan $500 per anak. Dengan begitu, keluarga dengan dua anak akan menerima $ 3.000.

Mempertahankan gaji bagi pekerja yang menganggur ketika klaim pengangguran melonjak merupakan bagian penting dari rencana Partai Republik dan Demokrat yang muncul dari Kongres.

Sementara itu, merawat gelombang warga AS yang sakit menjadi prioritas. Kongres ingin meningkatkan produksi pasokan medis dan segera mendirikan rumah sakit lapangan sementara berdasarkan perintah baru Presiden Donald Trump yang tertera dalam UU Produksi Pertahanan.[my/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG