Tautan-tautan Akses

AS

Kongres AS Upayakan Dukungan untuk Lembaga Penyiaran Internasional di Rusia


Direktur Voice of America Amanda Bennett (tengah) dalam sebuah diskusi panel mengenai kebebasan pers di Rusia dan negara-negara setelah Soviet di Washington, 4 Oktober 2017. (Sumber: Komite untuk Perlindungan Wartawan - @pressfreedom)

Beberapa anggota Kongres mendorong peningkatan dukungan untuk lembaga-lembaga penyiaran internasional yang didanai pemerintah di Rusia. Upaya itu muncul di tengah sorotan Kongres terhadap upaya propaganda Moscow yang menyasar warga Amerika.

Anggota Kongres menyerukan hal itu Rabu (4/10) ketika bertemu dengan Komisi Helsinki, sebuah instansi pemerintah Amerika yang independen serta memantau demokrasi dan HAM di Eropa.

“Sebuah pers bebas kini penting, dan mutlak perlu untuk menghadapi Presiden Vladimir Putin,” kata Steve Chabot.

Sidang dengar pendapat ini dilakukan beberapa jam setelah Komite Intelijen Senat melaporkan kepada publik tentang penyelidikan yang sedang berlangsung mengenai kasus campur tangan Rusia dalam pemilihan umum pada 2016.

Ketua komite mengatakan, mereka belum menyimpulkan apakah ada kolusi antara Moscow dan pejabat yang terlibat dalam kampanye Donald Trump.

Tetapi senator itu mengatakan, ada konsensus di kalangan para anggota dan staf bahwa mereka mempercayai kesimpulan komunitas intelijen Amerika bahwa Rusia berupaya mempengaruhi pemilihan pada 2016.

“Tampaknya tema dari keterlibatan Rusia dalam pemilihan Amerika adalah menciptakan kekacauan pada setiap tingkatan,” kata Ketua Komite Richard Burr, dari Partai Republik. [jm]

XS
SM
MD
LG